Bahan kain untuk seragam

5 Tips Memilih Bahan Kain Untuk Seragam

5 Tips memilih bahan kain untuk seragam yang baik dan benar

Kalian sering bingung gak sih memilih jenis bahan yang akan digunakan, Penting simak 5 Tips dan trik dalam memilih kain yang benar.

  1. Tentukan Jenis Kain sesuai kebutuhanmu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis kain yang kamu butuhkan.Jenis Bahan untuk kaos dan seragam kerja tentunya berbeda, jadi tentukan dulu seragam jenis apa yang akan kamu buat dan jenis kain yang dibutuhkan.

  1. Terawang

Dengan menerawang kamu bisa mengetahui benang yang digunakan kasar atau lembut. Dan dengan car aini kamu juga dapat mengetahui kerapatan tenunan. Semakin rapat maka semakin berkualitas tenunannya. Selain diterawang kamu juga bisa merasakan permukaan kain, kain dengan bahan dasar katun biasanya akan lebih lembut dan nyaman ketika digunakan. Tetapi ingat harus disesuaikan juga dengan kebutuhanmu yah, karena tidak semua jenis seragam cocok menggunakan kain dengan bahan dasar katun.

  1. Perhatikan Warna Kain

Warna kain yang baik untuk dijadikan baju yaitu rapat dan tidak pudar. Untuk kalian yang akan membuat seragam dengan kuantitas besar kalian bisa meminta sample bahan dari vendor dan mencoba untuk mencucinya dirumah. Hal ini sangat penting dilakukan, kalian gak mau kan seragam yang dibuat luntur setelah beberapa kali dicuci.

Tapi perlu diperhatikan juga, beberapa jenis kain seperti drill biasanya akan luntur ketika dicuci untuk pertama kali, karena ada sisa obat yang menempel pada kain ketika baru keluar dari pabrik. Yang perlu kalian lakukan adalah mencoba mencuci sample kain tersebut 3-5x dan bandingakan warnanya setelah beberapa kali dicuci. Kain dengan kualitas baik biasaya hanya sedikit luntur ketika dicuci pertama kali.

  1. Kelenturan kain

Kualitas kain yang baik memiliki ciri-ciri bertekstur lemas dan jatuh serta memiliki bobot yang berat. Kain yang memiliki kualitas baik tidak akan mudah kusut ketika diremas. Kamu bisa menyesuaikan sesua kebutuhan seragammu.

  1. Harga

Tentunya kamu harus tau berapa harga pasaran untuk jenis kain yang akan dipilih. Tentunya harga kain yang akan kamu gunakan harus sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. Disinilah biasanya kamu harus menjalin komunikasi yang baik dengan vendor yang kamu pilih untuk tempat produksi seragammu, mereka biasanya akan merekomendasikan jenis bahan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu, karena tidak selalu bahan yang paling mahal adalah yang paling berkualitas dan cocok dengan kebutuhanmu.

 

Kalau kalian masih bingung? Yuk konsultasikan saja ke Younifrom Konveksi, GRATIS!

Klik disini Youniform.id.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *